Dewi, Revi Guswita (2012) Kontribusi Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Penerapan Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika Siswa Kelas X Jurusan TAV SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_REVI GUSWIT DEWI_02716_2012_4396.pdf [thumbnail of final_B1_6_REVI GUSWIT DEWI_02716_2012_4396.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_REVI GUSWIT DEWI_02716_2012_4396.pdf
Download (727kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dalam Mata Diklat Penerapan Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika, dimana lebih dari 30% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Kontribusi Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata diklat Penerapan Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika kelas X TAV di SMKN 5 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar mata diklat penerapan dasar-dasar kelistrikan dan elektronika kelas X TAV SMKN 5 Padang, 2) terdapat kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar mata diklat penerapan dasar-dasar kelistrikan dan elektronika kelas X TAV SMKN 5 Padang, 3) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap disiplin belajar mata diklat penerapan dasar-dasar kelistrikan dan elektronika kelas X TAV SMKN 5 Padang, 4) terdapat kontribusi motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama – sama terhadap hasil belajar mata diklat penerapan dasar-dasar kelistrikan dan elektronika kelas X TAV SMKN 5 Padang. Penelitian ini melibatkan 47 responden siswa kelas X di SMKN 5 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan undian (Simple Random Sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata diklat Penerapan DasarDasar Kelistrikan dan Elektronika, data ini merupakan cerminan hasil belajar mata diklat Penerapan Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika. Sedangkan data motivasi belajar dan disiplin belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan : 1) Motivasi Belajar memberikan kontribusi sebesar 39,42% terhadap hasil belajar, 2) Disiplin Belajar memberikan kontribusi sebesar 31,45% terhadap hasil belajar, 3) motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 39,82% terhadap didiplin bealjar, 4) Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar secara bersama–sama memberikan kontribusi sebesar 43,92% terhadap hasil belajar mata diklat penerapan dasar-dasar kelistrikan dan elektronika kelas X TAV SMKN 5 Padang. Jadi dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar mempengaruhi hasil belajar, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin tinggi disiplin belajar dalam proses belajar mengajar, maka hasil belajar akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17531 |