Amelia, Vivina (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Media CD Interaktif di Kelas IV SD Negeri 07 Nan V Hilia Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_VIVINA AMELIA _04319_4569_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_VIVINA AMELIA _04319_4569_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_VIVINA AMELIA _04319_4569_2012.pdf
Download (487kB)
Abstract
Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 07 Nan V Hilia Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam masih didominasi oleh guru dan jarang menggunakan media yang inovatif dan bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan media CD Interaktif di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Nan V Hilia Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Nan V Hilia Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam dengan jumlah siswa 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil penilaian terhadap RPP yang dapat dilihat dari persentase perolehan yang terus meningkat dari siklus I 87,3% dengan kategori baik ke siklus II menjadi 96,4% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru juga meningkat dilihat dari persentase perolehan, dari siklus I 79,8% dengan kategori baik ke siklus II menjadi 94,2% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 84,4% dengan kategori baik ke siklus II menjadi 95,8% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata skor perolehan juga mengalami peningkatan dari siklus I hanya 70,6 meningkat pada siklus II menjadi 84,9. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan media CD Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Media CD Interaktif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17530 |