Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) diKelas IV Sekolah Dasar El-Ma’arif Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Selvia, Selvia (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) diKelas IV Sekolah Dasar El-Ma’arif Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SELVIA_58318_329_2013.pdf] Text
final_B1_6_SELVIA_58318_329_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa kegiatan pembelajaran IPA sering didominasi oleh guru. Guru belum mengaitkan pembelajaran dengan hal-hal yang nyata di sekitar siswa, sehingga siswa lebih banyak mendengar dan menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan serta keterampilan yang mereka butuhkan dan berakibat hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan pendekatan CTL di kelas IV Sekolah Dasar El-Ma’Arif Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan II setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD El-Ma’Arif Luhak Nan Duo teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat: a) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh nilai 73% (cukup) pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 93% (sangat baik), b) pelaksanaan dari aspek guru pada siklus I dengan nilai 77% ( Baik) meningkat menjadi 89% ( sangat baik) pada siklus II dan dari aspek siswa pada siklus I 66% ( cukup) meningkat menjadi 86% (sangat baik) pada siklus II. c) Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai 68,3 (cukup) meningkat menjadi 90,4 (sangat baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar El-Ma’Arif Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:01
Last Modified: 25 Jul 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17528

Actions (login required)

View Item
View Item