Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Karyawisata Di Kelas IV SDN 03 Sungai Laban Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Yuliani, Meri (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Karyawisata Di Kelas IV SDN 03 Sungai Laban Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MERI_YULIANI_83319_2216_2012.pdf] Text
final_B1_6_MERI_YULIANI_83319_2216_2012.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena guru cenderung menjelaskan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mencatat materi tersebut, hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran menjemukan, kurang menarik, sehingga berdampak pada hasil belajar IPA siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV SDN 03 Sungai Laban Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Pendekatan kualitatif berupa kata-kata tertulis atau perilaku yang dapat diamati dari orang. Sedangkan pendekatan kuantitatif berupa angka atau nilai yang didapat sesuadah pelajaran yang diolah dengan rumus tertuntu. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti. Hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa meningkat dari taraf keberhasilan baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II. Dari hasil belajar pada siklus I pertemuan pertama aspek kognitif persentase didapat adalah 75.2%, afektif 81.02%, psikomotor 95.83%. sedangkan Siklus I pertemuan kedua aspek kognitif persentase yang didapat adalah 82.8%, afektif 85.2%, psikomotor 93.5%. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi pada siklus II. Pada pertemuan pertama siklus II aspek kognitif mendapatkan persentase 86.9%, aspek afektif mendapatkan persentase 91.2%, aspek psikomotor persentase yang didapat 89.3%. sedangkan pada pertemuan kedua siklus II aspek kognitif yang didapat adalah 95.8%, aspek afektif persentasenya adalah 98.1%, aspek psikomotor persentase yang didapat adalah 98.6%. Dapat disimpulkan dengan menggunakan metode karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 03 Sungai Laban Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Metode Karyawisata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:01
Last Modified: 25 Jul 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item
View Item