Peningkatan Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 38 Lubuk Sao Agam

Bastian, Revany Yeno (2013) Peningkatan Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 38 Lubuk Sao Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_REVANY_YENO_BASTIAN_04336_3275_2013.pdf] Text
final_B1_6_REVANY_YENO_BASTIAN_04336_3275_2013.pdf

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah, disebabkan karena siswa belum sepenuhnya mampu memecahkan permasalahan tentang volume kubus dan balok, pada awal proses pembelajaran siswa jarang dilibatkan dalam pemecahan masalah mengenai volume kubus dan balok, siswa belum bisa mengembangkan ide-idenya sendiri, kurangnya pemodelan dalam pembelajaran volume kubus dan balok ini, kurang adanya interaksi antara siswa dan siswa. Untuk mengatasi hal ini, maka peneliti melalui penelitian ini melakukan tindakan dengan menerapkan Pendekatan PMR untuk meningkatan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar di SD Negeri 38 Lubuk Sao Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 38 Lubuk Sao Agam, subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 16 orang, terdiri dari 6 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan II siklus, siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi, serta data yang diperoleh melalui lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan pelaksanaan dari aspek guru dan siswa, dan evaluasi hasil belajar. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat dari KKM yang ditetapkan yaitu 70. Pada siklus pertama perencanaan pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 81,85%, aktivitas guru 71,87%, aktivitas siswa 76,56%, dan hasil belajar siswa 74,37. Mengalami peningkatan pada siklus kedua, perencanaan pembelajaran menjadi 96,43%, aktivitas guru menjadi 84,38%, aktivitas siswa menjadi 87,5%, dan hasil belajar siswa menjadi 82. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan Pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran volume kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:00
Last Modified: 25 Jul 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17524

Actions (login required)

View Item
View Item