Yumna, Selvi (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect) di Kelas V SD Negeri 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SELVI_YUMNA _18082_505_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_SELVI_YUMNA _18082_505_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SELVI_YUMNA _18082_505_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa masih rendah. Penyebabnya adalah guru belum optimal membimbing siswa saat pembelajaran membaca pemahaman. Sehingga siswa kurang mampu memprediksi isi bacaan, menentukan tema, amanat, alur, menulis kesimpulan serta membacakan kembali kesimpulan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model MASTER bagi siswa kelas V SD Negeri 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan adalah MASTER. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas V SD Negeri 06 Padang Besi, berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang meliputi tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Hasil penelitian aspek guru pada siklus I memperoleh nilai 71,15% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 88,46% dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai 69,23% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 84,61% dengan kualifikasi baik. Keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I memperoleh nilai 65,31 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 82,12 dengan kualifikasi baik. Dengan demikian model MASTER telah dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect) |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:00 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17520 |