Susanti, Reva (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Teknik Scramble pada Siswa Kelas III SDN 57 Anak Air Kumayan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_REVA SUSANTI_52431_356_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_REVA SUSANTI_52431_356_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_REVA SUSANTI_52431_356_2014.pdf
Download (943kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu kurang tepatnya pendekatan serta tata cara mengajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran membaca, sehingga kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III masih rendah, sehingga perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan teknik scramble pada siswa kelas III SDN 57 Anak Air Kumayan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada tahap prabaca,saatbaca dan pascabaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dari dua siklus, pada siklus I berdasarkan hasil pengamatan penilaian proses kegiatan guru dan siswa memperoleh nilai rata rata, dari aspek guru 68,75 %, dari aspek siswa 59,37 % dan meningkat pada siklus II, nilai rata rata dari aspek guru 90 %, dari aspek siswa 85,93 %. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa teknik scramble dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Hasil penelitian membaca pemahaman siswa dengan menggunakan teknik scramble pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan, Jika dilihat dari hasil yang diperoleh dari masing masing siklus maka pada siklus I nilai rata rata siswa pada tahap prabaca 66,76, Pada tahap saatbaca 62,5. pada tahap pascabaca 66,23. Mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata rata siswa pada tahap prabaca 80,88, tahap saatbaca 85, pada tahap pascabaca 82,62. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN 57 Anak Air Kumayan,Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca,scramble |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:58 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17513 |