Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita KPK dan FPB dengan Metode Polya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 21 Batang Pagu Solok Selatan

Andrianis, Selvi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita KPK dan FPB dengan Metode Polya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 21 Batang Pagu Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SELVI_ANDRIANIS_00061_433_2013.pdf] Text
final_B1_6_SELVI_ANDRIANIS_00061_433_2013.pdf

Download (278kB)

Abstract

Berdasarkan kenyataan pada kelas V SD Negeri 21 Batang Pagu Solok Selatan 10 Juli 2012 di SD Negeri 21 Batang Pagu Solok Selatan, peneliti menemukan permasalahan yaitu siswa kurang memahami permasalahan dalam bentuk soal cerita KPK dan FPB, dimana siswa tidak mampu mengubah soal cerita menjadi kalimat atau model matematika pada soal cerita KPK. Guru juga telah melakukan banyak usaha diantaranya memberikan latihan-latihan dan PR. Namun hasil belajar siswa masih rendah dan tidak sesuai dengan harapan. Permasalahan tersebut disebabkan karena dalam pembelajaran soal cerita KPK dan FPB, guru tidak membrikan kesempatan pada siswa untuk mencoba memahami permasalahan dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diadakanlah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Polya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berumlah 16 orang. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dalam dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh melalui lembar pengamatan dan tes. Hasil belajar soal cerita KPK dan FBP di kelas V SD Negeri 21 Batang Pagu Solok Selatan dengan metode Polya pada siklus I diperoleh rata-rata 62,8 mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata 73,6. Dari kemampuan guru merancang pembelajaran dari 71,9% mencapai 87,7%. Aktivitas guru dari 64,6% mengalami peningkatan menjadi 89,6%. Aktivitas siswa dari 66,7% mengalami peningkatan 91,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran soal cerita KPK dan FPB dengan metode Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 21 Batang Pagu Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cerita KPK dan FPB, Metode Polya Pada Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:58
Last Modified: 25 Jul 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17510

Actions (login required)

View Item
View Item