Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara

Miswanti, Miswanti (2021) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_MISWANTI_17129060_263_2022.pdf] Text
final_B1_06_MISWANTI_17129060_263_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar sisiwa pada pembelajaran tematik terpadu, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan siswa kurang berani untuk mengemukakan idenya dalam pembelajaran sehingga pembelajaran cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan bentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian yang digunakan Posttes Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal objektif berupa pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Teknik analisis data penelitian ini uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (independent samplet-test). Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil uji hipotesis dengan thitung > ttabel yaitu 3,377 > 2,093 maka hipotesis terbukti kebenarannya dan diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu siswa Siswa Kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Tahun Pembelajaran 20202021.Dengan demikian, hipotesis terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Number Heads Together, Pembelajaran Tematik Terpadu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:55
Last Modified: 25 Jul 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17502

Actions (login required)

View Item
View Item