Fontanela, Riri Amy (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV/B SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_RIRI_AMY_FONTANELA_14124041_4351_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarsiswa dalam materi pengurangan bilangan bulat. Hal ini terlihat pada nilai ulangan harian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini terjadi karena kurangnya aktivitas belajar dan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan matematika realistik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV/B SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi yang berjumlah30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi,catatan lapangan, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan matematika realistic Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pengurangan bilangan bulat di kelas IV/B SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi. Hal ini terlihat dari aktivitas mendengarkan, berbicara, gerak, menulis dan emosional mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 72% ke siklus II menjadi 90%. Hal yang sama juga terlihat pada hasilbelajar siswa siklus I yaitu 76% ke siklus II menjadi 89%. Hal ini terjadi karena pendekatan matematika realistik Indonesia membuat siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menguasai dan memahami pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka kesimpulan dari penelitian tindakan kelas menggunaan pendekatan matematika realistik Indonesia pada pembelajaran penguranganbilangan perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Peningkatan Aktivitas; Pendekatan Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:17 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/175 |