Febrina, Meri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas IV SDN 04 Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MERI_FEBRINA_93600_2345_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MERI_FEBRINA_93600_2345_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MERI_FEBRINA_93600_2345_2012.pdf
Download (222kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD sehingga standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPA masih dilaksanakan secara konvensional yaitu dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, tanpa melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Serta dalam pengembangan berbagai pendekatan pembelajaran yang masih kurang. Untuk mengatasi masalah ini pendekatan konstruktivisme merupakan salah satu pendekatan yang sangat efektif dan efisien untuk dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2010/2011, dengan subjeknya siswa kelas IV SDN 04 Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Data ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan hasil tes. Hasil penelitian pada setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian RPP pada siklus I yaitu 92,85% meningkat pada siklus II 96,42%, aspek guru pada siklus I 87,5% meningkat pada siklus II 95,83%, dan pada aspek siswa siklus I 70,8% juga meningkat pada siklus II 91,66%. Hasil belajar siswa dari ranah kognitif dengan nilai rata-rata 69,65% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II, pada ranah afektif dari rata-rata 82,17% pada siklus I meningkat pada siklus II yaitu 84,41%, pada ranah psikomotor pada siklus I dengan nilai rata-rata 81, 37% meningkat 83,58% pada siklus II. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran IPA perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan mutu pendidikan di masa akan datang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17498 |