Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Pengukuran Waktu, Jarak Dan Kecepatan Dengan Metode Polya Di Kelas V SDN 13 Lubuk Alung

Retnawilis, Retnawilis (2014) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Pengukuran Waktu, Jarak Dan Kecepatan Dengan Metode Polya Di Kelas V SDN 13 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RETNAWILIS_52512_4160_2014.pdf] Text
final_B1_6_RETNAWILIS_52512_4160_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar soal cerita pengukuran waktu, jarak dan kecepatan pada siswa kelas V SDN 13 Lubuk Alung Kec. Ampek Nagari Kab. Agam. Hal ini terjadi karena siswa tidak bisa menyelesaikan soal cerita pengukuran waktu, jarak dan kecepatan dengan langkah-langkah yang benar yaitu menentukan apa yang diketahui, ditanya dan penyelesaian dari soal cerita sehingga hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa di kelas V SDN 13 Lubuk Alung Kec. Ampek Nagari dengan menggunakan metode Polya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 13 Lubuk Alung Kec. Ampek Nagari Kab. Agam. Hasil penelitian menunjukkan penilaian RPP siklus I 85,7% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II 96,4% dengan kualifikasi sangat baik.Hasil penilaian aktivitas guru siklus I 75% dengan kualifikasi baik,meningkatpada siklus II 93,8% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian aktivitas siswa siklus I 68,8% dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II 87,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 72,8 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 90,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Polya dapat meningkatkan hasil belajar pengukuran waktu, jarak dan kecepatan pada siswa kelas V SDN 13 Lubuk Alung Kec. Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Metode Polya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:55
Last Modified: 25 Jul 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17497

Actions (login required)

View Item
View Item