Eliza, Selmi (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Praktek Tari Di SMK N I Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SELMI_ELIZA_14023073_4975_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_SELMI_ELIZA_14023073_4975_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SELMI_ELIZA_14023073_4975_2016.pdf
Download (291kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya pada pembelajaran praktek tari di kelas XI TKR 1 SMKN 1 Bukittinggi. Objek penelitian adalah melibatkan 31 orang siswa kelas XI TKR I pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dalam proses pembelajaran seni budaya ( Praktek seni tari ). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif analisis.Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan alat tulis,lembar observasi dengan aktivitas positif dengan meliputi mau memperhatikan,mau bertanya, dan mau bekerja kelompok. Dan aktivitas negatif : kurang memperhatikan,bercanda, dan keluar masuk kelas.Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, dekumentasi dan test praktek tari. Sedangkan untuk analisis aktivitas dilakukan dengan persentase, sedangkan analisis hasil belajar dengan means skor. Hasil pada siklus I aktivitas siswa 33.30% dan siklus II menjadi 81.51. selanjutnya hasil belajar tari siswa pada siklus I 78.25 dan siklus II menjadi 84.16.Dengan demikian aktivitas dan hasil belajar siswa dengan metode tutor sebaya dalam praktek tari gerak dasar tari minang meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Tutor Sebaya, PraktekTari |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:54 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17496 |