Perbedaan Hasil Belajar Teknik Dasar Listrik dan Elektronika dengan Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) dan Project Based Learning (PjBL) Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Padang

Hidayat, Taufik (2018) Perbedaan Hasil Belajar Teknik Dasar Listrik dan Elektronika dengan Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) dan Project Based Learning (PjBL) Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_TAUFIK_HIDAYAT_1302421_825_2018.pdf] Text
B1_05_TAUFIK_HIDAYAT_1302421_825_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Dasar Listrik dan Elektronika yaitu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMK Negeri 1 Padang yaitu 80. Yaitu 66,53% untuk XTAV A, 75% untuk XTAV B, dan 65% untuk XTAV C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Teknik Dasar Listrik dan Elektronika dengan Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) dan Project Based Learning (PjBL) Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Padang. Jenis Penelitian ini adalah quasy experiment (Eksperimen Semu). Sampel Penelitian yaitu kelas XTAV B1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas XTAV B2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.Teknik Pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas,uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom yaitu (79,9) lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learningyaitu (73,2). Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung>ttabel yaitu 2.403 > 2.045, karena thitung besar dari ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) dterima. Kata Kunci :Flipped

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Project Based Learning, quasy experiment, HasilBelajar, Eksperimen.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:40
Last Modified: 25 Jul 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17495

Actions (login required)

View Item
View Item