Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Strategi Index Card Match (ICM) pada Siswa Kelas V SDN 18 Anduring Kecamatan Kuranji Padang

Putri, Meri Darma (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Strategi Index Card Match (ICM) pada Siswa Kelas V SDN 18 Anduring Kecamatan Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MERI_DARMA_PUTRI_66910_3642_2016.pdf] Text
final_B1_6_MERI_DARMA_PUTRI_66910_3642_2016.pdf

Download (463kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPS yaitu pembelajaran belum disajikan dengan cara yang menarik. Pembelajaran terasa membosankan, kurang menggali pengetahuan siswa, serta kurang memotivasi siswa dalam belajar, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi Index Card Match (ICM ) pada siswa kelas V SDN 18 Anduring Kecamatan Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 4 prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunkan strategi Index Card Macth (ICM) di kelas V SDN 18 Anduring Kecamatan Kuranji Padang dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan dalam, (a) perencanaan pada siklus I pertemuan I memperoleh persentase nilai 60,71% pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 71,42%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh nilai 82,14 % pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 92,85%. (b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru meningkat dari 72,91% pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 77,08%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh nilai 87,5% pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 95,83%. Pada aspek siswa meningkat dari 60,41% pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 68,75%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh nilai 83,33% pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 87,5% . (c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan I memperoleh persentase nilai 61,25 pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 73,53. Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh nilai 79,86 pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 84,89. pada siklus I pertemuan II. Dengan demikian, strategi Index Card Macth dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN 18 Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Index Card Match (ICM)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:39
Last Modified: 25 Jul 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17494

Actions (login required)

View Item
View Item