Yupika, Retna (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas V SDN 12 Padang Koto Gadang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RETNA_YUPIKA_93566_6027_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RETNA_YUPIKA_93566_6027_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RETNA_YUPIKA_93566_6027_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru, siswa tidak mempraktekkan pembelajaran, sehingga hasil belajar IPA siswa rendah atau belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini disebabkan guru sering mendominasi pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa kurang inisiatif dan kreatif, juga di sekolah guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai. Metode eksperimen yang peneliti gunakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 12 Padang Koto Gadang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan empat kali pertemuan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 12 Padang Koto Gadang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Adapun langkah-langkah eksperimen yang peneliti gunakan adalah (1) menjelaskan tujuan dan harapan yang diinginkan dari eksperimen, (2) sebutkan alat dan bahan yang diperlukan dalam eksperimen, (3) menjelaskan tahap kegiatan eksperimen, (4) mengamati dan mencatat hasil eksperimen, (5) menyimpulkan kegiatan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 12 Padang Koto Gadang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Pada siklus I rata-rata penilaian RPP 73,22%, rata-rata penilaian terhadap aspek guru 78,57%, dan rata-rata pada aspek penilaian siswa 73,22%, perolehan rata-rata hasil belajar siklus 1 adalah 66,57. Sedangkan pada Siklus II penilaian RPP 89,29%, penilaian aspek guru 94,65% , aspek penilian siswa 87,50%, perolehan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 80,72. Hal ini dapat menunjukan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 12 Padang Koto Gadang Kecamatan Palembayan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:39 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17490 |