Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Hidayat, Taufik (2018) Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_TAUFIK_HIDAYAT_1302375_3779_2018.pdf] Text
B1_05_TAUFIK_HIDAYAT_1302375_3779_2018.pdf

Download (247kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen 1 adalah X TAV 1 menggunakan model pembelajaran (TAI) dan kelas eksperimen 2 adalah X TAV 2 menggunakan model pembelajaran (PBL).Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai rata-rata 83,80, sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai rata-rata 80,14. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan dengan uji dua belah pihak, dimana t > t atau t>-t dimana, 2,13> 2,05atau 2,13 > 2,05, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tersebut, didapatkan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dimana terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Team Assisted Individualization, Problem Based Learning.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:38
Last Modified: 25 Jul 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item
View Item