Peningkatan Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Andhani, Meri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MERI_ANDHANI_1108218_677_2016.pdf] Text
final_B1_6_MERI_ANDHANI_1108218_677_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah, disebabkan karena siswa belum sepenuhnya mampu memecahkan permasalahan tentang volume kubus dan balok, pada awal proses pembelajaran siswa jarang dilibatkan dalam pemecahan masalah, belum bisa mengembangkan ide-idenya sendiri, kurangnya pemodelan, dan kurang adanya interaksi antara siswa dan siswa dalam pembelajaran volume kubus dan balok. Untuk mengatasi hal ini, maka peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan Pendekatan PMR untuk meningkatan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar volume kubus dan balok di kelas V SDN 09 Gobah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 09 Gobah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam, subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 15 orang, terdiri dari 9 perempuan dan 6 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan II siklus, siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil. Pada siklus pertama perencanaan pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 83%, aktivitas guru 70%, aktivitas siswa 72,5%, dan hasil belajar siswa 76. Mengalami peningkatan pada siklus kedua, perencanaan pembelajaran menjadi 89,28%, aktivitas guru menjadi 85%, aktivitas siswa menjadi 90%, dan hasil belajar siswa menjadi 82,2. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan Pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran volume kubus dan balok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:38
Last Modified: 25 Jul 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item
View Item