Andani, Meri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MERI_ANDANI_1200632_4806_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MERI_ANDANI_1200632_4806_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MERI_ANDANI_1200632_4806_2016.pdf
Download (717kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang dilakukan guru masih dominan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga kurang melibatkan siswa untuk bekerja sama dengan kelompok untuk mendapatkan informasi. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Rata-rata hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) perencanaan pembelajaran sebesar 76,78% pada Siklus I dan 89,28% pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru sebesar 77,5% pada siklus I dan 92,5% pada siklus II, pada aspek siswa sebesar 80% pada siklus I dan 92,5% pada siklus II, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan dari 73,70% pada siklus I menjadi 87,01% pada siklus II. Dengan demikian, Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS Di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative, Two Stay Two Stray, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:37 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17480 |