Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Pembelajaran TIK Di kelas X SMAN 1 X Koto

Amanda, Vivi Rizki (2013) Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Pembelajaran TIK Di kelas X SMAN 1 X Koto. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VIVI_RIZKI_ AMANDA_04038_3353_2013.pdf] Text
final_B1_6_VIVI_RIZKI_ AMANDA_04038_3353_2013.pdf

Download (592kB)

Abstract

Permasalahan internal pada siswa, dimana para siswa cenderung kurang berminat dalam proses belajar, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan bahan ajar mutimedia interaktif dengan menggunakan macromedia director dalam bentuk CD pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan kriteria kelayakan media, (2) Mengetahui kelayakan dalam pengembangan bahan ajar multimedia interaktif dengan aplikasi Macromedia Director pada mata pelajaran TI&K melalui validasi beberapa pakar.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model prosedural dengan subjek penelitian 4 orang responden, yang terdiri dari dua orang validator ahli media yakni dosen UNP dan satu orang validator ahli materi yakni guru SMAN 1 X KOTO. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan format penilaian dengan kriteria yang meliputi aspek isi materi dan aspek media. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas multimedia interaktif dalam pembelajaran TI&K.
Hasil analisis menunjukkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif yang berjudul belajar mudah TI&K yakni melakukan operasi dasar komputer, berada pada kategori Sangat baik (90,6%), dan memiliki jumlah rerata skor sebesar 4,53 (skor maksimum 5). Aspek isi materi program termasuk dalam kategori Baik (78%) jumlah rerata skor sebesar 3,7 (skor maksimum 5). Kualitas tampilan program termasuk dalam kategori Baik (69,4%), jumlah rerata skor sebesar 3,47 (skor maksimum 5). Kemudahan program termasuk pada kategori Baik (79,2%), jumlah rerata skor sebesar 3,96 (skor maksimum 5). Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif ini layak digunakan sebagai sumber belajar dan media alternatif dalam memecahkan masalah belajar TI&K di SMA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Model Tutorial, TIK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:37
Last Modified: 25 Jul 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item
View Item