Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan pendekatan CTL di Kelas IV SDN 02 Sungai Landia Kecamatan IV Koto

Meri, A (2016) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan pendekatan CTL di Kelas IV SDN 02 Sungai Landia Kecamatan IV Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MERI_A_95205_3260_2016.pdf] Text
final_B1_6_MERI_A_95205_3260_2016.pdf

Download (848kB)

Abstract

jaran IPA di kelas IV SDN 02 Sungai Landia. Hal ini disebabkan guru belum melibatkan peserta didik untuk aktif untuk aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA menggunakan pendekatan CTL. Jenis penelitin ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Sungai Landia Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam pada semester II T.A 2013/2014 dari tanggal 29 Januari sampai 10 Februari 2014. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 18 orang Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan pada penilaian RPP siklus I 71% (C) meningkat padasiklus II menjadi 92% (A), aktivitas guru siklus I 76% (C) meningkat pada siklus II menjadi 90% (A), aktivitas peserta didik siklus I 72% (C) meningkat pada siklus II menjadi 89 (B), penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I 70,47 ( C) meningkat pada siklus II menjadi 84,07 (B). Dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 02 Sungai Landia kecamatan IV Koto Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:31
Last Modified: 25 Jul 2025 07:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17471

Actions (login required)

View Item
View Item