Husna, Meri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MERI_ HUSNA_50608_2540_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MERI_ HUSNA_50608_2540_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MERI_ HUSNA_50608_2540_2012.pdf
Download (440kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Dengan adanya kenyataan di lapangan pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar (SD) belum mencapai hasil belajar yang memuaskan. Oleh karena itu peneliti tertarik melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan realistik. Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittnggi bahwa guru kelas V SD mengajarkan matematika masih dengan cara tradisional dengan arti kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan peningkatan hasil belajar sifat-sifat bangun datar menggunakan pendekatan matematika realistic di kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi. Pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuntitatif yang terdiri dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek peneliti adalah guru, peneliti dan siswa kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittnggi yang berjumlah 34 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar sifatsifat bangun datar pada siswa kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 64,70 dengan kualifikasi cukup dan pada siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 88,23 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Hasil belajar, Sifat-sifat bangun datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:30 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17463 |