Desain Instrumen Tes Berdasarkan E-book Edupark Bukik Chinangkiek disertai CRI Termodifikasi untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa SMA/MA pada Materi Hukum Newton.

Lisa, Tessa Destia Putri (2021) Desain Instrumen Tes Berdasarkan E-book Edupark Bukik Chinangkiek disertai CRI Termodifikasi untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa SMA/MA pada Materi Hukum Newton. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_TESSA_DESTIA-PUTRI_LISA_16033034_2204_2021.pdf] Text
B1_5_TESSA_DESTIA-PUTRI_LISA_16033034_2204_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahan penafsiran terhadap suatu konsep yangtidak sesuai dengan konsepsi para ahli. Miskonsepsi pada diri siswa dapat berasal daripengalaman sehari-hari ketika berinteraksi dengan alam sekitar. Miskonsepsi seringterjadi pada konsep hukum Newton yang penerapannya banyak ditemukan padakehidupan sehari. Pembelajaran yang memanfaatkan alam dapat membantu siswamemahami konsep-konsep ilmiah. Salah satunya adalah dengan menjadikannyasebagai sumber belajar atau yang dikenal dengan edupark. Maka diperlukanperangkat pembelajaran berbasis lingkungan yang tepat untuk membimbing siswamelakukan pembelajaran sambil berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya secarabenar untuk mengurangi miskonsepsi siswa. Penerapan konsep hukum Newtonbanyak ditemukan pada Edupark Bukik Chinangkiek. Oleh karena itu diperlukaninstrumen tes berdasarkan edupark untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materihukum Newton.Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan modelPlomp yang terdiri dari tiga tahapan antara lain; 1) penelitian pendahuluan, 2) fasepengembangan prototipe; 3) fase penilaian. Namun penelitian ini hanya dilakukanhingga fase pengembangan prototipe. Instrumen yang dikembangkan berupainstrumen tes multiple choice dengan reasoning terbuka disertai Certainty ofResponse Index (CRI) termodifikasi. Data yang diperoleh diolah dengan analisisdeskriptif dan analisis statistik.Instrumen tes telah diuji secara statistik menghasilkan 14 butir soal yang diterimadengan revisi dan 6 butir soal ditolak. Instrumen dinyatakan reliabel dengandan indeks sebesar 0,79. Selain itu, hasil analisis pemahaman konsepsiswa pada materi hukum Newton berdasarkan Edupark Bukik Chinangkiekmenunjukkan banyaknya siswa pada kategori paham konsep sebesar 17,83%, kategoripaham konsep tapi tidak yakin sebesar 3,33%, kategori miskonsepsi sebesar 45,33%,dan kategori tidak paham konsep sebesar 33,50%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DESAIN INSTRUMEN TES, MISKONSEPSI SISWA,E-BOOK EDUPARK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:30
Last Modified: 25 Jul 2025 07:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item
View Item