Penggunaan Pendekatan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung.

Sefzirikayeni, Sefzirikayeni (2013) Penggunaan Pendekatan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SEFZI_RIKA_YENI_50579_1192_2013.pdf] Text
final_B1_6_SEFZI_RIKA_YENI_50579_1192_2013.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan pendekatan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini berbentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari beberapa siklus. Setelah dilakukan siklus I, kemudian dilakukan refleksi. Hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I memberikan kesimpulan bahwa perlu dilaksanakan siklus II untuk memperbaiki (1) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: media pembelajaran, peran aktif peneliti dalam membantu siswa, motivasi terhadap siswa, membangun kerjasama antar siswa dan (2) hasil pemahaman terhadap materi pelajaran. Setelah dilaksanakan siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan pendekatan lingkungan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Parit Panjang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh data dari siklus I hasil penelitian RPP 74.5 sedangkan pada siklus II 93.5, hasil penilaian aktivitas guru pada siklus I adalah 81 sedangkan pada siklus II 94, hasil penilaian aktivitas siswa pada siklus I adalah 74.5 sedangkan pada siklus II 93.5, pada siklus I hasil belajar 69 sedangkan pada siklus II yaitu 80. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas dengan penggunaan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Lingkungan, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:29
Last Modified: 25 Jul 2025 07:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item
View Item