Putri, Resty Emira (2014) Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Memainkan Rekorder dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas IV SD Angkasa II Lanud Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RESTI_EMIRA_PUTRI _96243_2730_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RESTI_EMIRA_PUTRI _96243_2730_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RESTI_EMIRA_PUTRI _96243_2730_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran seni musik dimana guru cenderung membelajarkan melalui materi saja dan tidak mendemonstrasikan pembelajaran rekorder di depan kelas, sehingga keterampilan peserta didik memainkan rekorder belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah secara umum untuk meningkatkan keterampilan peserta didik memainkan rekorder dengan menggunakan metode demonstrasi”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus ada perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pendekatan yang dipakai dalam megumpulkan data ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil RPP siklus I diperoleh nilai 82% dengan kualifikasi sangat baik sedangkan pada RPP siklus II nilai 96% kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 75% kualifikasi baik dan siklus II nilai 92% kualifikasi sangat baik, aktivitas peserta didik yang diperoleh pada siklus I adalah nilai 73% kualifikasi baik dan pada siklus II meningkat menjadi nilai 90% kualifikasi sangat baik. Penilaian proses siklus I diperoleh nilai rata-rata 68 dan penilaian proses siklus II meningkat menjadi 85. Dan hasil keterampilan seluruh siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dan meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata 87. Dapat disimpulkan dari penelitian ini dengan menggunakan metode Demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan peserta didik memainkan rekorder.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan,Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17457 |