Siswita, Melya (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kec. Bayang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MELYA_SISWITA_1108418_1165_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MELYA_SISWITA_1108418_1165_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MELYA_SISWITA_1108418_1165_2014.pdf
Download (333kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena guru dalam pembelajaran IPS belum bisa membangun pengetahuan siswa berdasarkan pengalaman yang dimilikinya, sehingga siswa sulit untuk memperoleh pengetahuan baru dalam pembelajaran IPS akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kec. Bayang Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Instrument penelitian adalah lembaran observasi dan lembaran tes. Sedangkan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kec, Bayang Utara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) penilaian RPP memperoleh persentase 67% (cukup) pada siklus I pertemuan I, meningkat menjadi 71% (baik) pada siklus I pertemuan II dan pada siklus II sangat meningkat yaitu memperoleh persentase 83% (sangat baik). b) pelaksanaan pembelajaran untuk aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai 69% (cukup) dan meningkat pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 75% (baik) dan pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 87% (sangat baik), sedangkan pada aktifitas siswa siklus I memperoleh nilai 62% (cukup) dan pada pertemuan II siklus I 75% (baik) meningkat menjadi 93% (sangat baik) pada siklus II. c) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 67% (cukup), meningkat menjadi 76% (baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 03 Pancung Tebal Kec. Bayang Utara
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17456 |