Helda, Resti Adna (2013) Peningkatan Keterampilan Membuat Benda Konstruksi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada Siswa Kelas IV SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RESTI_ADNA_HELDA_96317_5808_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RESTI_ADNA_HELDA_96317_5808_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RESTI_ADNA_HELDA_96317_5808_2013.pdf
Download (742kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh bahwa keterampilan siswa dalam membuat benda konstruksi masih rendah. Penyebabnya adalah guru tidak mendemonstrasikan cara membuat benda konstruksi, sehingga siswa tidak memiliki acuan dalam melakukan pembuatan benda konstruksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membuat benda konstruksi dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran langsung. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 20 Kurao Pagang Kota Padang berjumlah 19 orang. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, yang meliputi proses pada saat membuat benda konstruksi dan berakhir pada karya yang dihasilkan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I mendapat skor 79% dengan kualifikasi baik, pada siklus II meningkat menjadi 93% dengan kualifikasi sangat baik, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I mendapat skor 75% dengan kualifikasi baik, meningkat menjadi 91% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, dan pada aspek siswa siklus I mendapat skor 74% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 91% dengan kualifikasi sangat baik, (c) Hasil nilai ratarata kelas pada siklus I adalah 64,84, Meningkat siklus II menjadi 82,19. Dengan demikian model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan membuat benda konstruksi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan,Model Pembelajaran Langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17454 |