Sari, Mimi Putri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Bamboo Dancing di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_MIMI_PUTRI__SARI_11939_3767_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_MIMI_PUTRI__SARI_11939_3767_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_MIMI_PUTRI__SARI_11939_3767_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang, serta melakukan penelitian yang dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn yang cenderung sumber informasi hanya berasal dari guru. serta guru belum menghubungkan materi yang diajarkan dengan lingkungan sekitar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model kooperatif tipe bamboo dancing di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran PKn dengan menggunakan model kooperatif tipe bamboo dancing di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang dengan menggunakan lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan siswa, lembar pengamatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang, siswa berjumlah 24 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I pertemuan 1 adalah 85,71%, siklus 1 pertemuan II adalah 89,28% pada siklus II meningkat menjadi 92,85%, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I pertemuan 1 adalah 72,5% , siklus 1 pertemuan II adalah 85% meningkat menjadi 92,5% pada siklus II, pada aspek siswa siklus I pertemuan I 52,5%, pada siklus I pertemuan II adalah 72,5% meningkat pada siklus II menjadi 85%, (c) Hasil belajar siswa pada siklus I 73,13 pada siklus II meningkat menjadi 84,95.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Model Kooperatif, Tipe Bamboo, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:10 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17442 |