Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang

Beriani, Melsa (2016) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MELSA_BERIANI_1200723_4753_2017.pdf] Text
final_B1_6_MELSA_BERIANI_1200723_4753_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPA, hal ini terlihat guru belum menjadikan siswa sebagai subjek belajar dan guru belum melakukan kegiatan atau percobaan selama proses pembelajaran. Sehingga, siswa belum dapat menemukan sendiri konsep pembelajaran IPA yang dipelajarinya. Kebanyakan siswa menerima materi berupa hafalan, tidak semua siswa dapat menerima materi dengan baik. Sehingga hal ini akan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen di kelas V SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang yang berjumlah 29 orang yang dilaksanakan dua siklus. Siklus satu terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus dua satu kali pertemuan. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan aktivitas guru siklus satu pertemuan satu diperoleh skor 75%, pertemuan dua diperoleh skor 89,5% dan siklus dua diperoleh skor 95,8%,Pelaksanaan aktivitas siswa siklus satu pertemuan satu diperoleh skor 70,8%, pertemuan dua diperoleh skor 83,3% dan siklus dua diperoleh skor 91,7%; (2) Hasil belajar siswa siklus satu pertemuan satu diperoleh rata-rata 70,3, pertemuan dua diperoleh rata-rata 79,2 dan siklus dua meningkat menjadi 88,6.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode eksperimen, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:09
Last Modified: 25 Jul 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17440

Actions (login required)

View Item
View Item