Reslina, Reslina (2012) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Tentang Volume Dengan Model Polya pada Siswa Kelas V MIN Seberang Palinggam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RESLINA_07400_2479_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RESLINA_07400_2479_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RESLINA_07400_2479_2012.pdf
Download (268kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan yang terjadi pada siswa kelas V MIN Seberang Palinggam Kota Padang, guru belum pernah menggunakan model polya dalam pembelajaran soal cerita tentang volume dan siswa juga belum pernah mendapatkan pengalaman belajar menggunakan model Polya dalam menyelesaikan soal cerita tentang volume. Untuk itu peneliti tertarik memperbaiki proses pembelajaran soal cerita tentang volume dan meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah tersebut dengan Model Polya. Polya dikenal sebagai bapak pemecahan masalah yang terkenal dengan empat langkahnya dalam memecahkan masalah, yaitu pemahaman masalah, perencanaan penyelesaian, pelaksanaan rencana penyelesaian, dan pengecekan kembali kebenaran penyelesaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil pembelajaran soal cerita tentang volume balok dengan model Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIN Seberang Palinggam Kota Padang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian dengan menggunakan tes, pengamatan dan diskusi. Sumber Data adalah proses pelaksanaan pembelajaran soal cerita tentang volume dengan model Polya di kelas V MIN Seberang Palinggam Kota Padang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian sebanyak dua siklus dapat diuraikan sebagai berikut : Pada siklus I dengan materi soal cerita tentang volume kubus dan balok, persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada aspek kognitif 65,5 %, aspek afektif 71,5% dan aspek psikomotor 68,5%. Dilihat pada siklus II sudah terjadi peningkatan, dimana persentase nilai rata-rata pada aspek kognitif 90%,aspek afektif 87,5% dan aspek psikomotor 79,5%. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I adalah 67% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita tentang volume baik secara individual maupun secara klasikal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Polya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:02 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17439 |