Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 05 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Naulia, Reski (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 05 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RESKI_NAULIA_58355_388_2013.pdf] Text
final_B1_6_RESKI_NAULIA_58355_388_2013.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 05 Sungai Aur bahwa pembelajaran didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Guru menggunakan metode konvensional dalam mengajar yang berakibat kepada hasil belajar IPA siswa masih rendah, untuk itu peneliti bertujuan untuk mendiskusikan peningkatan hasil pembelajaran IPA melalui metode eksperimen di Kelas IV SDN 05 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek penelitian adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas kelas IV SDN 05 yang berjumlah 23 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat diketahui dari: a) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I nilai persentasenya adalah 74%, (cukup) meningkat menjadi 85,5% (baik) pada siklus II. b) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode eksperimen untuk aspek guru pada siklus I 78% (baik) meningkat menjadi 8%6 (sangat baik) pada siklus II.c) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode eksperimen aspek siswa pada siklus I 71,5% (cukup) meningkat menjadi 87% (sangat baik) pada siklus II. d) Hasil belajar siswa pada siklus I aspek kognitif ratarata 56,3 meningkat menjadi 75,5 pada siklus II, aspek apektif siklus I rata-rata 68,5 meningkat menjadi 78,3 pada siklus II, aspek psikomotor pada siklus I 70,5 meningkat menjadi 79,5 pada siklus II. dari ketiga aspek tersebut maka pada siklus I persentasenya adalah 68,07% (cukup) meningkat menjadi 79% (baik) pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 05 Sungai Aur

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:01
Last Modified: 25 Jul 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item
View Item