Erisal, Melly (2013) Peningkatan Hasil Belajar Keliling Persegi dan Persegi Panjang Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Negeri 18 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MELLY_ERISAL_57182_1070_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MELLY_ERISAL_57182_1070_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MELLY_ERISAL_57182_1070_2014.pdf
Download (678kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas III SDN 18 VII Koto Sungai Sarik bahwa pembelajaran lebih terpusat kepada guru, keaktifan siswa tidak terlihat dan siswa tidak dapat membangun pengetahuannya sendiri, sehingga hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan PMR. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar keliling persegi dan persegi panjang dengan pendekatan PMR. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan dalam dua siklus secara kolaboratif antara peneliti dan observer. Penelitian ini meliputi: 1)perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas III SDN 18 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman, yang berjumlah 16 orang siswa. Hasil penelitian siklus I pada RPP adalah 77%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 73%, dari aspek siswa 63% dan pada siklus I rata-rata hasil belajar keseluruhan adalah 68%. Sedangkan pada siklus II pada RPP diperoleh hasil 92%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 90%, dari aspek siswa 90% dan rata-rata hasil belajar siswa keseluruhan meningkat menjadi 75%. Dari siklus I 68% meningkat menjadi 75% pada siklus II, kenaikannya mencapai 7%. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar keliling persegi dan persegi panjang di kelas III SDN 18 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:00 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17432 |