Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat Distributif Perkalian Dengan Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Azhari, Mimi (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat Distributif Perkalian Dengan Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_MIMI_AZHARI_1200640_4960_2017.pdf] Text
final_B1_06_MIMI_AZHARI_1200640_4960_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan rendahnya pemahaman konsep pada materi Sifat Distributif Perkalian. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan pemahaman konsep Sifat Distributif Perkalian di kelas IV SDN 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Metode Inkuiri digunakan pada penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep Sifat Distributif Perkalian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV SDN 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian dilaksanakan dua siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi mengunakan lembar observasi dan lembar tes sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pembelajaran, RPP Siklus I pertemuan 1 78,6%(B), RPP siklus I pertemuan 2 82,1%, rata-rata RPP siklus I yaitu 80,4%(B) menjadi 92,9%(SB) pada sikus II. Aktivitas guru siklus I pertemuan 1 69,4%(C), aktivitas guru siklus I pertemuan 2 80,6%(B), rata-rata aktivitas guru siklus I 75%(B) menjadi 91,7%(SB) pada siklus II. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 63,9%(C), aktivitas siswa siklus I pertemuan 2 80,6%(B) rata-rata aktivitas siswa siklus I 72,3%(C) menjadi 88,9%(SB) pada siklus II. Pemahaman konsep siklus I pertemuan 1 71,9%(C), pemahaman konsep siklus I pertemuan 2 76,3%(B), rata-rata pemahaman konsep silus I 74,1% (B) menjadi 86,3% (SB) pada siklus II. Disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep Sifat Distributif Perkalian di kelas IV SDN 03 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Sifat Distributif, Perkalian, Metode Inkuiri, Kelas IV SD, SDN 03 Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:01
Last Modified: 25 Jul 2025 07:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17430

Actions (login required)

View Item
View Item