Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Pecahan dengan Model Pembelajaran Polya di Kelas IV SD Negeri 12 Cupak Kabupaten Solok

Aisyah, Melly (2013) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Pecahan dengan Model Pembelajaran Polya di Kelas IV SD Negeri 12 Cupak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MELLY_AISYAH_07501_1356_2013.pdf] Text
final_B1_6_MELLY_AISYAH_07501_1356_2013.pdf

Download (928kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar soal cerita pecahan siswa. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran soal cerita pecahan siswa kurang memahami maksud soal yaitu apa yang diketahui, ditanya dan penyelesaian dari soal. Sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita pecahan rendah dan belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran soal cerita pecahan dengan model pembelajaran polya yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran soal cerita pecahan dengan model pembelajaran polya di kelas IV SDN 12 Cupak Kabupaten Solok. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012. Subjek peneliti adalah siswa kelas IV SDN 12 Cupak yang berjumlah 23 orang. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat dari hasil perencanaan siklus I pertemuan I bernilai 82,14 pertemuan II 92,8,sedangkan siklus II 96,4 dengan menggunakan model pembelajaran polya. Hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata pembelajaran siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah 75,61. Untuk siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 90,08. Persentase peningkatan hasil nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II adalah 15% .Dengan demikian dapat disimpulkan dengan model pembelajaran polya dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita pecahan siswa kelas IV SDN 12 Cupak Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Soal cerita pecahan, Model pembelajaran Polya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:58
Last Modified: 25 Jul 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17426

Actions (login required)

View Item
View Item