Peningkatan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 05 Bandar Buat Kota Padang

Putri, Resi Yuliani (2013) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 05 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RESI_YULIANI_PUTRI_96272_6606_2013.pdf] Text
final_B1_6_RESI_YULIANI_PUTRI_96272_6606_2013.pdf

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil analisa peneliti terhadap pengamatan peneliti sebagai guru kelas IV, bahwa pembelajaran operasi penjumlahan bilangan bulat yang peneliti laksanakan selama ini cenderung menggunakan pendekatan teacher center learning yang membuat siswa bosan dan secara tidak langsung menyebabkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat dalam penelitian dan meningkatkan penguasaan materi pelajaran operasi penjumlahan bilangan bulat siswa kelas IV melalui pendekatan Contexstual Teaching and Learning . Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan Contexstual Teaching and Learning di kelas IV SDN 05 Bandar Buat. Subjek penelitian adalah guru kelas IV, peneliti dan siswa kelas IV SDN 05 Bandar Buat yang berjumlah sebanyak 40 orang, laki-laki 16 orang dan perempuan 24 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pengamatan, tindakan, refleksi dan evaluasi serta refleksi. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar dengan persentase. Hasil pada penelitian ini menunjukan pada perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes belajar mengalami peningkatan. Hasil penelitian dari perencanaan RPP memperoleh persentase nilai 78,57% pada siklus I dengan kriteria penilaian Baik (B) meningkat menjadi 92,85% pada siklus II dengan kriteria Sangat Baik (A), pelaksanaan pembelajaran operasi penjumlahan bilangan bulat dari aspek guru 79,54% dengan kriteria penilaian Baik (B) pada siklus I meningkat menjadi 90,90% dengan kriteria Sangat Baik (A) pada siklus II, dari aspek siswa pada siklus I 70,45% dengan kriteria penilaian Baik (B) meningkat menjadi 86,63% dengan kriteria Sangat Baik (A) pada siklus II, hasil belajar siswa dari ke tiga ranah (kognitif, afektif, psikomotor) pada siklus 74% dengan kriteria penilaian Baik (B) meningkat menjadi 90% dengan kriteria Sangat Baik (A) pada siklus II. Dapat disimpulkan dengan pendekatan Contexstual Teacing and Learning dapat meningkatkan hasil belajar operasi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Contexstual Teaching and Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:54
Last Modified: 25 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17418

Actions (login required)

View Item
View Item