Peningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Penyebut Berbeda Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Disions (STAD) di Kelas IV SD Negeri 14 Kinali

Afrianti, Resa (2012) Peningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Penyebut Berbeda Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Disions (STAD) di Kelas IV SD Negeri 14 Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RESA_AFRIANTI_57093_3356_2013.pdf] Text
final_B1_6_RESA_AFRIANTI_57093_3356_2013.pdf

Download (781kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Guru belum mengelompokkan siswa pada pembelajaran. Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar penjumlahanpecahan penyebut berbeda siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan penyebut berbeda dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement disions (STAD) di kelas IV SD Negeri 14 Kinali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Data penelitian ini berupa data RPP, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan pecahan penyebut berbeda. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 14 Kinali Tahun ajaran 2011/2012 Hasil penelitian pada siklus I adalah, keberhasilan RPP 83,5 %, keberhasilan pelaksanaan aktivitas guru 79% dan keberhasilan pelaksanaan aktivitas siswa siswa 70,5 %, hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 64, hasil penilaian afektif 70,5.hasil penilaian psikomotor 70 . Sedangkan pada siklus II keberhasilan RPP 93%, keberhasilan pelaksanaan aktivitas guru 92% dan keberhasilan pelaksanaan aktivitas siswa 88%, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata kelas menjadi 83, hasil penilaian afektif 79, hasil penilaian psikomotor 81. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran penjumlahan pecahan penyebut berbeda. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi penjumlahan pecahan penyebut berbeda dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Model Pembelajaran,Student Teams Achievement Disions
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:53
Last Modified: 25 Jul 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17416

Actions (login required)

View Item
View Item