Masalah Belajar yang Dialami Mahasiswa Penerima Beasiswa BIDIK MISI FIP UNP.

Salim, Syukri (2013) Masalah Belajar yang Dialami Mahasiswa Penerima Beasiswa BIDIK MISI FIP UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SYUKRI_SALIM_01315_2184_2013.pdf] Text
B1_5_SYUKRI_SALIM_01315_2184_2013.pdf

Download (443kB)

Abstract

Masalah merupakan suatu keadaan yang tidak diinginkan oleh individudan ingin diselesaikannya. Masalah belajar dapat menghambat mahasiswa dalamproses perkuliahannya. Masalah belajar mahasiswa meliputi: prasyaratpenguasaan materi pelajaran pelajaran (P), keterampilan belajar (T), sarana belajar(S), diri pribadi (D), lingkungan belajar dan sosio-emosinal (L). Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan masalah belajar yang dialami oleh mahasiswapenerima beasiswa BIDIK MISI FIP UNP.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Populasipenelitian adalah mahasiswa BIDIK MISI FIP UNP tahun 2010 dan 2011 denganjumlah 190 orang mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orangmahasiswa dengan rincian 33 mahasiswa angkatan 2010 dan 33 mahasiswaangkatan tahun 2011 yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling.Insrumen yang digunakan adalah AUM PTSDL Format 1 Mahasiswa. Teknikanalisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Data penelitian diolahdengan mengunakan program pengolahan AUM PTSDL Format 1 Mahasiswa dilaboratorium BK FIP UNP.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Mahasiswa BIDIK MISI FIPUNP cukup bermasalah pada aspek prasyarat penguasaan materi pelajarandengan rata-rata masalah 12,69 %,(2) aspek keterampilan belajar sangatbermasalah dengan rata-rata 45,16 %, (3) pada aspek sarana belajar, mahasiswaBIDIK MISI FIP UNP cukup bermasalah dengan rata-rata 8,65 %,(4) aspek diripribadi bermasalah dengan rata-rata 18,73 %, dan (5) pada aspek lingkunganbelajar dan sosio emosional cukup bermasalah dengan rata-rata 14,74 %.Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada: (1) PembimbingAkademik (PA) agar dapat secara intensif memberikan bimbingan dan arahankepada mahasiswa penerima beasiswa BIDIK MISI terkait dengan keterampilanbelajar dan prasyarat penguasaan materi pelajaran, (2) Unit Pelayanan Bimbingandan Konseling (UPBK) dapat meningkatkan pelaksanaan layanan BimbinganKelompok bagi mahasiswa BIDIK MISI yang mengalami masalah keterampilanbelajar dan prasyarat penguasaan materi pelajaran, dan (3) mahasiswa diharapkanaktif memanfaatkan PA dan layanan BK di UPBK UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BEASISWA BIDIK MISI, MASALAH BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:52
Last Modified: 25 Jul 2025 06:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17412

Actions (login required)

View Item
View Item