Resna, Vivera Selvony (2012) Kontribusi Lingkungan Belajar dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN I Sungai Lasi. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_VIVERA_SELVONY_RESNA_94272_827_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_VIVERA_SELVONY_RESNA_94272_827_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_VIVERA_SELVONY_RESNA_94272_827_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN I Sungai Lasi adalah ≥ 70 dengan rentang nilai 0 - 100. Kenyataan di lapangan bahwa 59,84% siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi lingkungan belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN I Sungai Lasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai lingkungan belajar dan cara belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui pengisisan angket, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran Tekonologi Informasi dan Komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN I Sungai Lasi yang berjumlah 132 orang. Sedangkan pengambilan sampel penelitian menggunakan metoda Proportional Random sampling yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan proporsional (sebanding). Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 16.0. Hasil pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat t sebesar 4,923 sedangkan t tabel hitung sebesar 2,004 dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan t hitung > t berarti terdapat kontribusi yang signifikansi antar variabel dengan r 2 tabel, (r square) sebesar 0,306 atau KP = 30,6% (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji-t didapat t hitung sebesar 5,000 sedangkan t sebesar 2,004 dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan t tabel hitung > t berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan r KP = 31,2% (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh F 2 tabel, (r square) sebesar 0,312 atau sebesar 14,815 sedangkan F tabel hitung sebesar 3,168 dengan df2 = n-k-1, pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan F hitung > F , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan R 2 tabel (R square) sebesar 0,354 atau KP = 35,4%. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi lingkungan belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17404 |