Ramadhan, Satria (2014) Penggunaan Metode Cooperative Learniang Pada Pembelajaran Ensambel Pianika Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SATRIA_RAMADHAN_12541_5271_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_SATRIA_RAMADHAN_12541_5271_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SATRIA_RAMADHAN_12541_5271_2015.pdf
Download (756kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan metode Cooperative Learning pada pembelajaran ensambel pianika di kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri yang menjadi objek pada penelitian ini adalah penggunaan metode Cooperative Learning pada pembelajaran ensambel pianika pada siswa kelas VIII.F yang berjumlah 33 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang telah terkumpul diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning pada pembelajaran ensambel pianika dapat mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi karena siswa lebih mudah memahami materi, meningkatkan rasa ingin tahu siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Ensambel Pianika, Metode Cooperative Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17402 |