Pengembangan Modul Cetak IPA Fisika Berorientasi Pendekatan Konsep dan Kontekstual pada Semester 1 di Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Pesisir.

Herayan, Syofia (2012) Pengembangan Modul Cetak IPA Fisika Berorientasi Pendekatan Konsep dan Kontekstual pada Semester 1 di Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_Syofia Herayani_86246_2012.pdf] Text
B1_5_Syofia Herayani_86246_2012.pdf

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa dalam pembelajaranFisika, siswa merasa mata pelajaran Fisika merupakan mata pelajaran yang hanyaberisi kumpulan rumus dan konsep-konsep yang sulit dipahami. Ini terjadi karenapada mata pelajaran Fisika, siswa masih kurang diarahkan untuk memahamikonsep-konsep Fisika dan belum memperlihatkan keterkaitan konsep yangdipelajari dengan kehidupan nyata yang terjadi disekeliling siswa, sehinggaberdampak pada kurangnya penguasaan dan pemahaman siswa terhadap konsepFisika serta masih minimnya bahan ajar yang merujuk pada pemahaman konsep.Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah adalahmenggunakan modul cetak IPA Fisika berorientasi pendekatan konsep dankontekstual. Modul ini merupakan salah satu sumber bahan ajar yang menekankanpada pemahaman konsep dikarenakan materinya disajikan dengan menampilkanatribut-atribut atau sifat-sifat dari sebuah konsep serta mengaitkan materi yangsedang dipelajari dengan situasi nyata yang terjadi dikehidupan sehari-hari siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan deskripsi desain produk modulcetak IPA Fisika beorientasi pendekatan konsep dan kontekstual dalam bentukmodul cetak yang valid, praktis, dan efektif.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen before-afteryang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian adalah modulcetak IPA Fisika berorientasi pendekatan konsep dan kontekstual kemudian siswakelas VII SMP Negeri 1 Ranah Pesisir yang berjumlah 31 orang. Instrumenpengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasitenaga ahli, lembar tanggapan kepraktisan menurut siswa sebagai praktisi, lembarketerlaksanaan modul dalam pembelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik analisisproduk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik,analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasilpenelitian. Pertama, modul cetak IPA Fisika berorientasi pendekatan konsep dankontekstual memiliki validitas tinggi dengan rata-rata dari tenaga ahli 86,24.Kedua, penggunaan modul cetak IPA Fisika berorientasi pendekatan konsep dankontekstual adalah praktis dengan nilai kepraktisan menurut tanggapan siswa84,5, dan observasi keterlaksanaan dalam pembelajaran rata-rata nilai kepraktisanadalah 83,5. Ketiga, penggunaan modul cetak IPA Fisika berorientasi pendekatankonsep dan kontekstual dalam implementasi pembelajaran menurut KTSP adalahefektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar Fisika siswa secara berarti

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN KONSEP DAN KONTEKSTUAL, MODUL CETAK IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:48
Last Modified: 25 Jul 2025 06:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item
View Item