Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Kelas IV SDN 04 Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh Kabupaten 50 Kota

Listanto, Virgiawan (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Kelas IV SDN 04 Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VIRGIAWAN_LISTIANTO_83264_1428_2012.pdf] Text
final_B1_6_VIRGIAWAN_LISTIANTO_83264_1428_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang masih dilaksanakan dengan metode konvensional sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen, yang terdiri atas tiga tahap, yaitu : tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 04 Taeh Baruah. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan lembar pengamatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan empat kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penilaian terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil diperoleh melalui instrument penelitian. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA tentang sifat dan wujud benda di kelas IV SD Negeri 04 Taeh Baruah. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti.
Hasil penelitian menggambarkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen pada kelas IV SD Negeri 04 Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh Kabupaten 50 Kota. Aspek kognitif pada siklus I, dari 48% meningkat menjadi 85,5% pada siklus II. Aspek afektif pada siklus I, dari 71% meningkat menjadi 80,5% pada siklus II. Aspek psikomotor pada siklus I, dari 75% meningkat menjadi 84,5% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:34
Last Modified: 25 Jul 2025 04:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item
View Item