Ariani, Firda (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) di Kelas V SDN 22 Ulak Karang Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_VIRDA_ARIANI_11922_3952_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_VIRDA_ARIANI_11922_3952_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_VIRDA_ARIANI_11922_3952_2014.pdf
Download (915kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi kondisi pembelajaran PKn di SD masih berpusat kepada guru sehingga siswa kurang aktif. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas V SDN 22 Ulak Karang kota Padang.
Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SDN 22 Ulak Karang kota Padang. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penilaian RPP siklus I yaitu 71,43% dengan kualifikasi cukup, sedangkan siklus II yaitu 89,28% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 73,6% dengan kualifikasi cukup, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 93,05% dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa siklus I memperoleh rata-rata 70,85% dengan kualifikasi cukup, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 93,05% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata yaitu 63,74 dengan kualifikasi cukup, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 80,88 degan kualifikasi baik. Melihat hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 22 Ulak Karang kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PKN, Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17391 |