Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar dalam Menyelesaikan Tugas pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis.

Anita, Syarifah Raspi (2019) Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar dalam Menyelesaikan Tugas pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SYARIFAH_RASPI_ANITA_911_17076148_2019.pdf] Text
B1_5_SYARIFAH_RASPI_ANITA_911_17076148_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Aceh Barat Daya dan berdasarkankondisi berikut ini masih banyak siswa khususnya pada kelas x JurusanMultimedia yang masil medapat nilai belajar dibawah KKM pada mata pelajaranDasar Desain Grafis. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengarugpemanfaatan internet dan motivasi belajar terhadap hasil penyelesaian tugas siswakelas X Multimedia pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yang bersifatkorelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X Multimedia yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Data diambilmenggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disusun menurut skala likertkepada siswa SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya Kelas X Jurusan Multimedia yangmenjadi responden dalam penelitian ini. Angket atau instrumen dibuatberdasarkan indikator yang telah ditentukan dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang positifdan signifikan antara pemanfaatan internet (X1) terhadap hasil penyelesaian tugas(Y) siswa kelas X Multimedia nilai t hitung> t tabel (3.809>1.697) memberikansumbangan sebesar 34.1%, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikanantara motivasi belajar (X2) terhadap hasil penyelesaian tugas pada (Y) siswakelas X Multimedia nilai t hitung> t tabel (3.918>1.697) memberikansumbangan sebesar 35.1% dan (3) terdapat pengaruh secara bersama-samapemanfaatan internet dan motivasi belajar terhadap hasil penyelesaian tugas nilai fhitung> f tabel (13.824>2.292) memberikan sumbangan sebesar 50.6%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN INTERNET, MOTIVASI BELAJAR, DESAIN GRAFIS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:22
Last Modified: 25 Jul 2025 04:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item
View Item