Sasmita, Sasmita (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) bagi Siswa Kelas V SD Negeri 02 Koto Balingka kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SASMITA_58398_1345_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_SASMITA_58398_1345_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SASMITA_58398_1345_2014.pdf
Download (436kB)
Abstract
Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa masih rendah, siswa belum mampu menggunakan kalimat dengan runtut, ide yang digunakan masih sempit dan paragraf yang penyebabnya keterampilan menulis siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan model PBI di kelas V SD Negeri 02 Koto Balingka pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang menjadi subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 02 Koto Balingka. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian terdiri dari: studi pendahuluan/refleksi awal, perencanaan, dan tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini mengalami peningkatan, siklus I tahap prapenulisan rata-rata 74 (cukup), tahap penulisan rata-rata 69 (cukup), dan pada tahap pascapenulisan 76 (baik). Siklus II pada tahap prapenulisan rata-rata 87(sangat baik), tahap penulisan rata-rata 87(sangat baik), dan tahap pascapenulisan rata-rata 86(sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Instruction (PBI) keterampilan menulis siswa sudah mengalami peningkatan pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan, pada siswa kelas V SD Negeri 02 Koto Balingka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Deskripsi, Model Problem Based Instruction (PBI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17387 |