Susanti, Reni (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi Melalui Percakapan Bagi Siswa Kelas V SDN 12 Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RENI_SUSANTI_07598_1099_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RENI_SUSANTI_07598_1099_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RENI_SUSANTI_07598_1099_2012.pdf
Download (471kB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan disekolah dasar bahwa hasil karangan Argumentasi siswa tidak berbentuk karangan Argumentasi melainkan karangan biasa yang jauh dari harapan yaitu karangan Argumentasi. Di dalam hasil karya siswa tersebut tidak terdapat tujuan dari berargumentasi serta informasi atau alasan dan bukti yang membuat pembaca mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis itu sendiri. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis argumentasi dalam pembelajaran bahasa menggunakan percakapan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis argumentasi melalui percakapan pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 23 orang siswa. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan dalam kemampuan menulis argumentasi melalui percakapan. Pada tahap prapenulisan persentase rata-rata siswa dari 69,5% meningkat menjadi 84,4%. Pada tahap penulisan persentase ratarata siswa dari 65,4 meningkat menjadi 83,2%. Pada tahap pascapenulisan persentase rata-rata siswa dari 68% meningkat menjadi 85,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan dengan percakapan dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas V SDN.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Kemampuan,Menulis Argumentasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17375 |