HAYATI, MIFTAHUL (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 03 Batuhampar Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_MIFTAHUL_HAYATI_12005015_246_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_MIFTAHUL_HAYATI_12005015_246_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_MIFTAHUL_HAYATI_12005015_246_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di SD bahwa dalam penyusunan RPP, kegiatan pembelajaran yang disusun guru belum sesuai dengan pelaksanaannya pada proses pembelajaran dan guru belum menggunakan Model Cooperative learning tipe Two Stay Two Stray. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatkan hasil belajar IPS dengan Model Cooperative learning tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 03 Batuhampar Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari lembar observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 12 orang Siswa laki-laki dan 12 orang Siswa perempuan. Berdasarkan hasil pengamatan RPP pada siklus I diperoleh rata-rata 71,42% (C) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 89,23 % (SB). Pada hasil pengamatan aspek guru pada siklus I diperoleh rata-rata 6953,125 % (B) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90,62 % (SB). Hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 6953,125 % (B) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90,62 %dengan (SB). Adapun hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 72,30 (C) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 89,47 (SB). Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan Model Cooperative learning tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Batuhampar Kabupaten Lima Puluh Kota.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Cooperative Learning, Two Stay Two Stray, Kelas IV SD, SDN 03 Batuhampar, Kabupaten Lima Puluh Kota |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17373 |