Salman, Reni Rohayu (2012) Peningkatan Kemampuan membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi KWL (Know-Want to KnowLearned) Bagi Siswa Kelas III SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RENI_ROHAYU_SALMAN_07417_375_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RENI_ROHAYU_SALMAN_07417_375_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RENI_ROHAYU_SALMAN_07417_375_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan membaca siswa masih rendah, mereka mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari suatu teks bacaan, penyebabnya adalah guru belum menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca intensif dengan menggunakan strategi KWL (Know-Want To Know-Learned) bagi siswa kelas III pada SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca intensif dengan menggunakan strategi KWl bagi siswa kelas III pada tahap prabaca, tahap saatbaca, dan tahap pascabaca. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat. Perencanaan penelitian disusun dengan baik yang meliputi: (1) lokasi penelitian, (2) subjek penelitian, (3) waktu, (4) alur penelitian, (5) studi pendahuluan/refleksi awal, (6) perencanaan, (7) tahap pelaksanaan, (8) tahap pengamatan, (9) tahap refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan penilaian belajar siswa. Hasil yang dicapai dari 30 orang siswa pada siklus I masih dikategorikan belum berhasil, karena hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I tahap prabaca, tahap saatbaca, dan tahap pascabaca yaitu masing-masing 66,6, 64,4,dan 65,1 dan dilakukan perbaikan pada siklus II, hasil belajar rata-rata yang dicapai siswa pada siklus II tahap prabaca, tahap saatbaca, dan tahap pascabaca mengalami peningkatan yaitu 79,1, 78,1, dan 76,3 dengan kategori baik, sehingga proses pembelajaran membaca intensif meningkat dengan menggunakan strategi KWL.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca,Strategi KWL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17372 |