Putri, Reni Eka (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RENI_EKA_PUTRI_50861_6295_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RENI_EKA_PUTRI_50861_6295_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RENI_EKA_PUTRI_50861_6295_2016.pdf
Download (462kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru kurang mampu merancang pembelajaran IPS dengan model yang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang aktif akibatnya hasil belajar siswa rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games tournament ( TGT) di kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Padang Ganting kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar.Data yang diperolehdalam penelitian dianalisis dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Kecamatan Padang Ganting yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2015-2016. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games tournament ( TGT) menunjukan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa.Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Hasil belajar siswa dari aspek kognitif ketuntasan belajar yang dicapai siklus I pertemuan 1 yaitu 41%,siklus I pertemuan 2 menjadi 53%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Kemudian aspek afektifketuntasan belajar siswa siklus I pertemuan 1 yaitu 47%, siklus I pertemuan 2 menjadi 65% selanjutnya siklus II mengalami peningkatan menjadi 88%. Sedangkan aspek psikomotor ketuntasan belajar siswa siklus I pertemuan 1 yaitu 47%,siklus I pertemuan 2 menjadi65% kemudian padasiklus II meningkat menjadi 88%. Kesimpulan dari penelitian iniadalah dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games tournament ( TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 28 Taratak VIII Atar Padang Ganting kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17367 |