Reni, Reni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS DenganMenggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RENI_95323.pdf [thumbnail of final_B1_6_RENI_95323.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RENI_95323.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di lapangan, berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di SDN 24 Guguak Tinggi terungkap bahwa hasil belajar siswa rendah berdasarkan hasil ujian semester I TP 2011/2012. Dikarenakan kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru, sehingga pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar IPS diperlukan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi. Salah satunya adalah pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan inkuiri di kelas IV SDN 24 Guguak Tinggi KabupatenAgam. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran pada suatu kelas, masalah penelitian yang akan dipecahkan berasal dari praktek pembelajaran di kelas. Sabjek penelitian ini adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas IV SDN 24 Guguak Tinggi. Proses pembelajaran yang dilakukan terdiri dari 2 siklus dengan langkah-langkah seperti: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan teknik observasi, pencatatan lapangan, dan evaluasi. Semua kegiatan ini difokuskan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran masalah sosial. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, diperoleh data dari siklus I, hasil penilaian RPP 74 ,hasil penilaian aktivitas guru 80, hasil penilaian aktivitas siswa 70, hasil belajar 75.Setelah siklus II, hasil penilaian RPP 93 ,hasil penilaian aktivitas guru 98, penilaian aktivitas siswa 94 , hasil belajar 88. Ini dapat disimpulkan bahwa dari hasil tes yang telah dilakukan terlihat adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN24 Guguak Tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17363 |