Heri, Rendra (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pengolahan Data Dengan Pembelajara Matematika Realistik (PMR) di Kelas VI SDN 24 Kuamang kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RENDRA_HERI_52599_2637_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RENDRA_HERI_52599_2637_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RENDRA_HERI_52599_2637_2012.pdf
Download (917kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran di kelas VI SDN 24 Kuamang belum menggunakan PMR dalam pembelajaran matematika terutama pada materi pengolahan data.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran pengolahan data dengan PMR. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Hasil rata-rata persentase observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sampai dengan siklus II pertemuan 2 adalah 80,55%, 86,11% , 94,44%, dan 97,66%. Hasil rata-rata persentase observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sampai dengan siklus II pertemuan 2 adalah 55,55%, 80,55%, 88,88% dan 91,66%. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 24 Kuamang. Hasil penelitian yang dilakukan sudah tercapai. Dengan demikian pemahaman siswa terhadap materi pengolahan data dengan PMR di kelas VI SDN 24 Kuamang dapat meningkatkan hasil belajar pengolahan data.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengolahan Data Dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17356 |